Selasa, 25 Agustus 2009

SMI PALEMBANG

SANGHA MAHAYANA INDONESIA,

Pelantikan Pengurus Daerah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang – Jumat ( 24 Juli 09 ) – Sangha Mahayana Indonesia yang dipimpin oleh Mahabhiksu Dhyanavira Mahasthavira dan Sekretaris Jenderal Bhiksu DR.HC. Mitra SmHk, Mahasthavira melantik Dewan Pengurus Daerah SMI Provinsi Sumsel, dihadapan Altar Suci Mandala Trikaya – Vihara Amitabha Graha Taman Kenten Palembang.

Sebuah kegiatan sakral yang penuh dengan muatan inspirasi serta pencerahan bagi segenap umat merupakan rangkaian dari kegiatan serupa yang telah diselenggarakan diberbagai provinsi di Indonesia.

Pelantikan ini merupakan tertib organisasi, ujar Sekjen. Dan dasar hukum SMI adalah SKT Depdagri Kesbangpol No : 15/D.III.3/II/2008, yang merupakan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan Buddha di Indonesia. Sangha Mahayana Indonesia ini adalah satu-satunya organisasi Perkumpulan Para Bhiksu/Suhu yang resmi di Indonesia, hal ini agar dapat dimengerti oleh semua umat Buddha di Indonesia, tegas Sekjen.

Di Palembang yang memiliki sejarah kebesaran Agama Buddha pada jaman Sriwijaya, merupakan titik awal dalam rangka “Pondasi Dharma” yang diterapkan guna pengembangan kuantitas dan kualitas umat secara keseluruhan, dengan tanpa membeda-bedakan majelis atau alirannya. Pembimas Buddha : Triroso, S.Ag,MM. menyampaikan ucapan selamat dan mengharap agar DPD SMI Sumesl dapat bekerjasama dalam pembinaan umat dengan 12 majelis Agama Buddha yang saat ini telah tercatat di Kanwil Depag Prov. Sumsel. Sesuai prinsip kebersamaan dan toleransi, SMI diharapkan menjadi tauladhan yang baik.

Hadir dan memberikan ucapan dan motivasi pada acara pelantikan tersebut antara lain Pengusaha dan Tokoh Buddhis Palembang Bp. Halim Santoso,SE. ; Ketua DPD PSMTI Bp. Fausi Thamrin ; Perwakilan Majelis Maitreya, MAGABUDHI SUMSEL, dan Tokoh Masyarakat yang kesemuanya mengharapkan agar Para Bhiksu/Suhu yang ada di Palembang ini dapat membimbing dan mengabdi bagi keselarasan kehidupan umat di bumi sriwijaya ini, sehingga kejayaan Buddha Dharma di Nusantara dapat kembali terwujud sebagaimana pada jaman kerajaan Sriwijaya.

DPD SMI Sumsel yang di Ketuai oleh YM. Bhiksu Prajna Virya Sthavira kemudian diberikan Motivasi oleh YM. Bhiksu Gunabhadra S.Ag. Mahasthavira selaku Waketum SMI. Dimana beberapa persiapan organisasi dan bekal organisasi harus segera dikoordinasikan dengan pihak terkait dan senantiasa bekerjasama membangun kebersamaan umat secara baik dan nyata.

Sebagai Siraman Dharma dan Inspirasi, YM. Mahabhiksu Dhyanavira Sthavira, yang juga asli orang Palembang menghimbau dan mengajak kepada seluruh umat, simpatisan dan donator agar selalu membantu kinerja SMI di Palembang ini dan Beliau juga mendoakan agar semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan SMI mendapat berkah kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar