Rabu, 26 Agustus 2009

Pengurus SMI Banten dilantik

Pengurus Daerah SMI Banten dilantik
Pembinaan Umat Buddha Banten menjadi Tugas Utama.

Gading Serpong, 04 Juli 2009,
Ditengah hiruk pikuk menjelang PILPRES 2009, di tengah-tengah masyarakat Buddhis Banten telah terbentuk dan sekaligus dilantik sebuah wadah pengayom umat Buddha yang menjadi lembaga keagamaan tingkat Provinsi Banten. Acara yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat di kawasan Gading Serpong Tangerang ini dihadiri lebih kurang 600umat Buddha Mahayana menjadi saksi Pelantikkan Sangha Mahayana Indonesia (SMI) Provinsi Banten, yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal SMI Bhiksu DR.HC. Mitra SmHk.,Mahasthavira. Dalam kesempatan ini hadir pula Sekretaris Dirjen Bimas Buddha Depag RI (Drs. Dasikin , M.Pd.) didampingi oleh Pembimas Buddha Prov. Banten (Drs. Saryono) dan Ketua Umum SMI Bhiksu Dhyanavira Mahasthavira serta Bhiksu Gunabadra S.Ag. Mahasthavira selaku Wakil Ketua Umum dan sekaligus salah seorang pendiri Sangha Mahayana Indonesia.
Dalam sambutannya, Ketum SMI menyampaikan harapan agar terus terjalin kerjasama yang sinergi dari semua pihak untuk membina dan mengembangkan umat Mahayana di Banten dan sekitarnya. Ditambahkan pula oleh Bp. Drs. Dasikin M.Pd. bahwa keberadaan Sangha adalah sebagai lembaga pelayan dan pembina umat yang senantiasa harus disokong dan diperhatikan oleh umat agar kerjasama yang diharapkan dapat terwujud dan terus berkembang, tegas beliau.
Bp. Drs. Saryono, menambahkan dalam kesempatan ini tugas beliau terbantu dengan adanya SMI di Banten ini, dan Tokoh Umat Buddha yang juga hadir Romo T. Harmanto serta Bp. Johniadi TM menyepakati pernyataan Pembimas sekaligus mengharap kinerja SMI di Banten ini dapat dilakukan dengan baik dan pelayanannya dapat diberikan secara menyeluruh terhadap umat baik. Berkaitan dengan Pilpres 2009 ini, Dr. Yuriani ,M.Pd selaku Koordinator Umat Mahayana Banten menegaskan agar segenap umat Buddha dapat menyalurkan aspirasinya sebagai bukti nyata peran serta dalam membangun bangsa dan bernegara, ini adalah wujud nyata partisipasi umat untuk berdemokrasi, tuturnya.
Bp. Setia Dharma SH.,MM yang hadir selaku Akademisi dan Ketua STABN Sriwijaya Tangerang Banten juga menambahkan pentingnya sebuah konsep pembinaan umat yang terstruktur dan bekerja secara profesional organisasi agar menjadi baik dan selaras dengan beragam kebutuhan pelayanan umat baik itu upacara puja maupun ceramah dharma.
Acara pelantikkan yang dilaksanakan sekitar 2 jam ini berlangsung baik dan ditutup dengan pembagian sembako kepada umat yang membutuhkan serta upacara pelepasan Satwa sebagai simbol kepedulian umat terhadap kebahagiaan semua makhluk.
Selamat dan Sukses untuk Jajaran DPD SMI Prov. Banten (Ketua Badra Kusala, Sekretaris Badra Sagaro, Bendahara Badra Jatra dan Kordinator Umat Dr. Yuriani ,M.Pd).

1 komentar:

  1. Mohon info alamat Vihara dgn tradisi Mahayana di daerah Serpong. Thanks

    BalasHapus